Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut masih tergolong rendah dalam hal membaca dan menulis dibanding dengan siswa pada umumnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus?, 2) Bagaimana kemampuan literasi pada anak berkebutuhan khusus di kelas rendah SDN Karangtempel?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus, dan untuk mengetahui kemampuan literasi pada anak berkebutuhan khusus di kelasm rendah SDN Karangtempel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah anak berkebutuhan khusus di kelas rendah SDN Karangtempel tahun 2022/2023. Pemgumpulan data dalam penelitianini diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus di kelas rendah SDN Karangtempel belum terdapat tiga bentuk kemampuan yaitu, 1) Membaca,m 2) Menulis, dan 3) Mengarsipkan dalam pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus maupun peserta didik.
Copyrights © 2024