Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 1 (2024): MEI 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Nurkhafid, Rizqi Esa (Unknown)
Sagala, Anita Chandra (Unknown)
Prasetyo, Singgih Adhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai yang di inginkan dalam penelitian adalah peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas II SD melalui media pembelajaran berbentuk video animasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media pada penelitian pengembangan ini harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media, ahli materi, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa agar memperkuat validasi media. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Media video animasi dinyatakan valid yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media pembelajaran sebesar 64%, validasi ahli materi sebesar 88%. Media pembelajaran video animasi juga dinyatakan praktis dengan dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 90% dan dari tanggapan siswa sebesar 100%. Tingkat keefektifan media terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II menunjukkan adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Dari nilai pre-test 58 dan post-test 88 dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung siswa di katakana meningkat setelah menggunakan media video animiasi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...