Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 1 (2024): MEI 2024

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PULO REMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Saputra, Himawan Angga (Unknown)
Mushafanah, Qoriati (Unknown)
Ardiyanto, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui apakah Strategi Pembelajaran Think Pair Share berbantukan Media Foto dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Keterampilan Menulis Deskripsi pada siswa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang. Pengumpulan data melalui beberapa cara diantaranya observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Pada desain ini, pengujian dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan data dari hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar pretest sebesar 61,53 dan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 81,73. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar pretest dan posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N= 26 didapatkan nilai thitung sebesar 15,327 dan db= 26 –2 = 24 maka diperoleh 24 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 2,064. thitung sebesar 15,327 dan ttabel sebesar 2,064. Maka nilai thitung > ttabel (15,327> 2,064), sehigga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang antara sebelum dan sesudah diterapkan strategi Think Pair Share berbantu media Foto. Dapat disimpulkan bahwa strategi Think Pair Share berbantu media Foto berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis deskripsi kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang.Kata Kunci : Think Pair Share, Media Foto, Keterampilan Menulis Deskripsi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...