JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 14, No 2: December 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDIT HJ. FAUZIAH BINJAI TIMUR T.A. 2022/2023

Yana Faudhani (Universitas Negeri Medan)
Faisal Faisal (Universitas Negeri Medan)
Irsan Rangkuti (Universitas Negeri Medan)
Robenhart Tamba (Universitas Negeri Medan)
Lidia Simanihuruk (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran tematik di kelas III SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur T.A 2022/2023.  Permasalahan awal yang terdapat pada penelitian ini adalah belum pernah adanya media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang dikembangkan sehingga berdampak terhadap minat belajar siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur, yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan tes. Instrument penelitian yang digunakan dalam  pengumpulan data yaitu: pedoman wawancara, angket validasi ahli desain materi, ahli desain media, ahli praktisi pendidikan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif.Data Kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, desain media, dan guru. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain media, guru dan siswa. Hasil penilaian kevalidan oleh validator ahli materi (dosen) sebesar 88,57% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan penilaian oleh validator ahli desain media (dosen) sebesar 85,71% dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi (guru) kelas III-A sebesar 87,1% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan penilaian respon siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur memperoleh skor 93% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh siswa menunjukkan perubahan nilai yang meningkat, dapat dilihat dari hasil Pre-Test dan Post-Test. Hasil pre-test memperoleh 53%. dan hasil post-test memperoleh 89,4%. Berdasarkan hasil uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...