Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2024): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

Korelasi Self-Efficacy dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP Negeri 8 Toili

Suyantana, I Nyoman (Unknown)
Hafid, Inda Widiarti (Unknown)
Artenadi, I Komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Self-Efficacy dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 8 Toili. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri, angket disiplin belajar, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif self-efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, terdapat hubungan positif kedisiplinan belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dan terdapat hubungan positif self-efficacy dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Negeri 8 Toili dengan nilai koefesien korelasi X1 terhadap Y (ry1) sebesar 0,306, korelasi X2 terhadap Y (ry2) sebesar 0,316 dan korelasi X1 dan X2 terhadap Y (Ry12) sebesar 0,401.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...