Penggunaan media pembelajaran sangat penting digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran IPA di SDN 2 TEKO. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III di SDN 2 TEKO. Teknik pegumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media gambar sudah baik. Hal ini dilihat dari bagaimana guru melakukan perencanaan pembelajaran penggunaan media gambar, dan pelaksanaan pembelajaran IPA menggunaan media gambar dengan lancar, serta evaluasi pembelajaran IPA dengan baik. Meskipun demikian masih terdapat kendala yang di alami guru dalam menggunakan media gambar yaitu: 1. Kendala membuat media gambar yang sesuai untuk materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran. 2. Kesulitan guru menggunakan teknologi seperti internet, sehingga kesulitan mencari referensi gambar yang tepat. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru mencoba melakukan pembiasaan dalam menggunakan media internet untuk mencari refernsi gambar yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru sudah bisa menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA dengan baik.
Copyrights © 2023