Penerapan pembelajaran konvensional di SMAN 1 Kediri mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Hal tersebut diakibatkan karena kurangnya media pembelajaran yang memadai dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil analisis data menunjukkan produk LKPD yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata kevalidan 4,24 oleh 5 validator ahli materi dengan kriteria sangat valid dan skor rata-rata kevalidan 4,16 oleh 5 validator ahli media dengan kriteria valid. Kepraktisan produk mendapatkan skor kepraktisan 90,62% dengan kriteria sangat praktis berdasarkan hasil responden 26 orang siswa serta memperoleh nilai kepraktisan 89% dengan kriteria sangat praktis berdasarkan hasil responden guru. Selanjutnya, LKPD berbasis inkuiri terbimbing merupakan media yang efektif karena terdapat peningkatan persentase ketuntasan siswa, yaitu dari 6,7% menjadi 73,08% setelah menggunakan produk LKPD dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023