Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Barisan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis

Ichwanudin Mudhakir (Penulis)
Sudi Prayitno (Unknown)
Ratna Yulis Tyaningsih (Unknown)
Arjudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Penerapan pembelajaran konvensional di SMAN 1 Kediri mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Hal tersebut diakibatkan karena kurangnya media pembelajaran yang memadai dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil analisis data menunjukkan produk LKPD yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata kevalidan 4,24 oleh 5 validator ahli materi dengan kriteria sangat valid dan skor rata-rata kevalidan 4,16 oleh 5 validator ahli media dengan kriteria valid. Kepraktisan produk mendapatkan skor kepraktisan 90,62% dengan kriteria sangat praktis berdasarkan hasil responden 26 orang siswa serta memperoleh nilai kepraktisan 89% dengan kriteria sangat praktis berdasarkan hasil responden guru. Selanjutnya, LKPD berbasis inkuiri terbimbing merupakan media yang efektif karena terdapat peningkatan persentase ketuntasan siswa, yaitu dari 6,7% menjadi 73,08% setelah menggunakan produk LKPD dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...