Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan metode bercerita menggunakan poster untuk meningkatkan nilai moral dan Disiplin.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai moral dan disiplin dapat meningkat melalui penerapan metode bercerita menggunakan poster pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Selong pada tahun ajaran 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakin 16 orang anak kelompok B dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif. Langkah-langkah penelitian ini menggunakan 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bercerita menggunakan poster pada siklus I mendapatkan skor 36 dengan persentase 75% termasuk kategori terlaksana dengan baik, kemudian nilai moral dan disiplin anak pada siklus I mendapatkan skor 334,5 dengan persentase 65,32% termasuk kategori baik. Dan penerapan metode bercerita menggunakan poster mengalami peningkatan dengan jumlah skor 44,5 dengan persentase sejumlah 93% termasuk kategori terlaksana dengan sangat baik, serta nilai moral dan disiplin anak memperoleh skor 439 dengan persentase sejumlah 85,73% termasuk kategori sangat meningkat pada siklus II sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Kesimpulan penelitian ini ialah penerapan metode bercerita menggunakan poster dapat meningkatkan nilai moral dan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Selong
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023