Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa

Ulyatul Avipa (Universitas Mataram)
Siti Istiningsih (Unknown)
Muhammad Erfan (Unknown)
Setiani Novitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas III SDN 44 Mataram adalah kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai kearifan lokal dan fasilitas media pembelajaran di sekolah yang kurang memadai, khususnya media pembelajaran kearifan lokal mengenai makanan khas Suku Sasambo. Keterbaharuan dalam penelitian ini terletak pada penggunaan media flashcard yang berbasis kepada kearifan lokal suku Sasambo di Nusa Tenggara Barat dan fokus materi yang diangkat yaitu tema 1 subtema 3 yang memuat materi makanan khas daerah untuk kelas III sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo, (2) Mengetahui kelayakan atau tingkat validitas media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon peserta didik, dan angket respon guru. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif berupa analisis deskriptif dan analisis data kuantitatif berupa analisis validasi poduk. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media Flashcard berbasis kearifan lokal Suku Sasambo dan kelayakan media  pembelajaran Flashcard berbasis kearifan lokal Suku Sasambo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 92,3% dan ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 86,25%. Hasil uji coba skala kecil mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 100%, uji coba skala besar mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 96,11%, dan hasil respon guru mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 93,33%. Oleh karena itu, media pembelajaran Flashcard berbasis kearifan lokal Suku Sasambo dapat digunakan untuk materi makanan khas pada mata pelajaran PPKn di kelas III SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...