Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

Reni Anggraeni (Universitas Mataram)
Khairun Nisa (Unknown)
Hasnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah keterampilan mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengajar guru mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SDN 35 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SDN 35 Cakranegara, dan sampel penelitiannya berjumlah 17 siswa kelas V SDN 35 Cakranegara yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel Non-probability dengan jenis Purposive Sampling. Angket keterampilan mengajar guru dan tes hasil belajar PPKn digunakan sebagai instrumen pengumpulan data  dalam penelitian ini. Sebelum melakukan uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana, dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji linieritas. Hasil analisis data menunjukan data yang diperoleh terdistribusi normal dan linier. Selanjutnya hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003< 0,05 dan nilai thitung (3,507) > ttabel (1,753) yang berarti hipotesis alternatif Ha diterima dan  hipotesis nol H0 ditolak. selain itu diperoleh juga nilai R square sebesar 0,451, yang berarti pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn sebesar 45,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SDN 35 Cakranegara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...