Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Gugus II Brang Rea Tahun Pelajaran 2022/2023

Yusril Mahendra (universitas mataram)
Ida Ermiana (Unknown)
Abdul Kadir Jaelani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara peserta didik, dimana peserta didik belum mampu menguasai struktur kalimat, kosakata, kelancaran, dan peserta didik yang masi terpengaruh dengan lingkungan sekitar dimana peserta didik masi menggunakan bahasa daerahnya dan kurang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan bener serta pendidik yang masih menggunakan model pembelajaran lama. Solusi dari permaslahan diatas adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V Gugus II Brang Rea tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriftif, desainnya menggunakan quasi eksperimen desain, teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan untuk mengambil beberapa sampel dari beberapa populasi). Teknik pengumpulan data mengunakan teslisan dan observasi. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh hasil Sig. 0,002 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti 0,002 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Adapun H1 dalam penelitian ini adalah terdapat Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik Gugus II Brang Rea tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...