Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari metode jarimatika terhadap kemampuan dasar berhitung siswa kelas II di SDN 35 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental design. Subjek penelitian ini adalah 41 siswa kelas II. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknis tes dan non-tes. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dikatakan normal dan homogen maka dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test kemudian setelah hasil uji hipoesis didapatkan maka dilanjutkan dengan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,892. Jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Diketahui bahwa ttabel 1,685. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 2,892 > 1,685 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian pada hasil perhitungan uji N-Gain didapatkan hasil sebesar 0,8 yang artinya bahwa metode jarimatika efektif terhadap kemampuan dasar berhitung siswa kelas II SDN 35 Ampenan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara nilai post-test dan pre-test yang artinya metode jarimatika efektif ditinjau dari kemampuan dasar berhitung siswa kelas II sekolah dasar di SDN 35 Ampenan tahun ajaran 2022/2023 dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai g > 0,7 yaitu 0,8 dengan kategori tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023