Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Identifikasi Kesalahan Penulisan Ejaan Dalam Menulis Surat Undangan Ulang Tahun pada Materi Pembelajaran Bahasa Siswa

Rina Kumala Utami (Unknown)
Ketut Widiada (Unknown)
Nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan penulisan ejaan yang meliputi pemakaian huruf kapital, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca dalam menulis surat undangan ulang tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 21 orang yang dilaksanakan di SDN 16 Cakranegara Semester Ganjil Tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan berupa lembar hasil kerja siswa dalam membuat surat undangan ulang tahun. Tehnik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan penulisan ejaan siswa di SDN 16 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023 dalam membuat surat undangan ulang tahun yang terdiri dari: 1) indikator pemakaian huruf kapital termasuk kategori sedang sebanyak 10 siswa dengan presentase 47%, 2) penulisan kata termasuk kategori tinggi sebanyak 11 siswa dengan presentase 52 %, 3) pemakaian tanda baca termasuk dalam kategori sedang sebanyak 14 siswa dengan presentase 67%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...