Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan penulisan ejaan yang meliputi pemakaian huruf kapital, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca dalam menulis surat undangan ulang tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 21 orang yang dilaksanakan di SDN 16 Cakranegara Semester Ganjil Tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan berupa lembar hasil kerja siswa dalam membuat surat undangan ulang tahun. Tehnik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan penulisan ejaan siswa di SDN 16 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023 dalam membuat surat undangan ulang tahun yang terdiri dari: 1) indikator pemakaian huruf kapital termasuk kategori sedang sebanyak 10 siswa dengan presentase 47%, 2) penulisan kata termasuk kategori tinggi sebanyak 11 siswa dengan presentase 52 %, 3) pemakaian tanda baca termasuk dalam kategori sedang sebanyak 14 siswa dengan presentase 67%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023