Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dengan penerapan perangkat pembelajaran biologi berorientasi pengembangan intelegensi majemuk. Metode penelitian yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X.6 di SMA Negeri 6 Mataram. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil belajar berupa skor kognitif, skor afektif, dan skor psikomotorik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan analisis data, ketuntasan hasil belajar Biologi peserta didik yang diambil dari skor sumatif (post test) pada siklus I sebesar 27,3% dan pada siklus II sebesar 75,8%. Hasil belajar pada kedua siklus menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar sudah memenuhi indikator yang telah ditetapkan yakni lebih dari atau sama dengan 70% dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi inteligensi majemuk berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.
Copyrights © 2024