Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Penerapan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Intelegensi Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA

Rini, Monaliza Sekar (Unknown)
Yasa, I Komang Mudika (Unknown)
Artayasa, I Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dengan penerapan perangkat pembelajaran biologi berorientasi pengembangan intelegensi majemuk. Metode penelitian yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X.6 di SMA Negeri 6 Mataram. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil belajar berupa skor kognitif, skor afektif, dan skor psikomotorik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan analisis data, ketuntasan hasil belajar Biologi peserta didik yang diambil dari skor sumatif (post test) pada siklus I sebesar 27,3% dan pada siklus II sebesar 75,8%. Hasil belajar pada kedua siklus menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar sudah memenuhi indikator yang telah ditetapkan yakni lebih dari atau sama dengan 70% dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi inteligensi majemuk berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...