Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Nurrahmat Rusmana (Universitas Mataram)
Baidowi (Unknown)
Junaidi (Unknown)
Laila Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 4 DOMPU Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan post-test only non-equivalent control group design yang merupakan bentuk dari metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Dompu, teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII (A) sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VIII (B) sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa (posttest) pada materi bangun ruang sisi datar. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji effect size. Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest menggunakan uji t dimana didapatkan nilai thitung = 3.345 >  ttabel = 2.000 dengan taraf signifikan 5%, sehingga  ditolak dan uji effect size didapat ES =  (Pengaruh Tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Dompu tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...