Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Dalam Pembelajaran PKn Siswa

wanda Ayu Lestari (universitas mataram)
Nurul Kemala Dewi (Unknown)
Khairun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Fenomena lunturnya kesadaran bahwa manusia adalah makhluk sosial dapat dilihat di lingkungan sekitar. Sekolah Dasar merupakan tempat pendidikan formal yang mempunyai tugas untuk membentuk dan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik ke siswa sejak usia dini. Salah satu nya nilai yang harus ditanamkan kepada siswa yaitu sikap peduli sosial. Oleh karena itu perlu perlakuan pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada guru, maka dari itu pembelajaran terkait kepedulian sosial perlu untuk didramatisasikan agar siswa bisa ikut andil dan langsung mempraktikkan apa yang telah dipelajari terkhusus dalam hal ini yaitu kepedulian sosial, untuk mewujudkan hal tersebut diterpakan metode pembelajaran sosidorama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kepedulian sosial siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas V SDN 20 Ampenan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 62 orang. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran resolusi konflik dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam menentukan sampel teknik yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui melakukan observasi dan pemberian posttest. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan angket kepedulian sosial siswa (posttest). Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (uji t), sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest menggunakan uji t dimana didapatkan nilai thitung = 2,505 > ttabel = 2,000 dengan taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap kepedulian sosial siswa kelas V SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...