Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal sasak yang valid dan praktis pada pembelajaran muatan lokal kelas 4 SDN 24 Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pop-up book berbasis kearifan lokal sasak mendapatkan persentase 93,7% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, persentase 89,70% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, persentase 91,66% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, persentase 90,9% dengan kriteria sangat praktis dari respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan hasil persentase respon siswa pada uji coba kelompok besar mendapat hasil 96,09% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan media pop-up book berbasis kearifan lokal pada materi keberagaman suku sasak kelas IV yang dilakukan melalui 5 tahapan dapat dinyatakan telah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan di dalam kelas.
Copyrights © 2024