Adapun masalah yang ditemukan peneliti ketika di lapangan berdasarkan observasi langsung yaitu peserta didik kurang fokus dalam belajar, motivasi belajar mereka masih kurang, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga dilakukan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam muatan Bahasa Indonesia dan PPKn dengan video pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, yang mana tiap siklus memiliki tahapan yang sama berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam bentuk analisis deskriptif presentase. Penelitian ini dikatakan berhasil bila hasil belajar peserta didik mencapai 80% secara keseluruhan. Adapun Pada siklus pertama diperoleh data 66% anak atau sekitar 16 anak yang memperoleh ketuntasan naik 16% dari sebelumnya. Terakhir disiklus kedua ada sekitar 83% anak atau 20 anak telah memperoleh ketuntasan belajar diatas KKM.
Copyrights © 2023