Problematika karakter tidak bisa seutuhnya dilimpahkan pada lembaga pendidikan formal. Namun juga memerlukan integrasi dengan pendidikan nonformal dan informal. Pada pelaksanaannya, penanaman karakter memerlukan metode pembelajaran agar proses penanaman karakter berjalan efektif. Penelitian ini berusaha mengeksplorasi implementasi metode pembelajaran klasik perspektif Ibnu Sina, serta implikasi terhadap optimalisasi penanaman karakter dan peningkatan kemampuan baca Al-Quran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.  Adapun temuan dari penelitian ini antara lain: (1) Metode pembiasaan dan keteladanan mendominasi dalam penanaman karakter yang dibersamai dengan metode targhib wa tarhib dan penugasan; (2) Penanaman karakter memerlukan peran serta orang tua agar proses penanaman karakter berjalan optimal; (3) Penggunaan metode dan kolaborasi peran orang tua implikasi positif terhadap internalisasi karakter terpuji dalam kehidupan sehari-hari santri. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi untuk semua pihak agar pandai memilah penggunaan metode pembelajaran yang relevan dengan keadaan peserta didik dan konteks pembelajaran.
Copyrights © 2024