Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapatdipisahkan dari kehidupan seseorang, baik dalam keluarga, masyarakat, danbangsa. Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat keberhasilan pendidikan.Keberhasilan pendidikan akan dicapai suatu bangsa apabila ada usaha untukmeningkatkan mutu pendidikan bangsa itu sendiri. Judul penelitian ini adalah“Korelasi Keaktifan Siswa Berorganisasi Terhadap Hasil Belajar Mata PelajaranAl – Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 02 Pondok ModernPaciran”. Penelitian yang digunakan ini dengan pendekatan kuantitatif. Penelitianini diketahuai bahwa nilai rata – rata keaktifan siswa berorganisasi sebesar74,42%, nilai rata – rata tersebut berada diantara 69% ≤ NR ≤ 84% sehinggatermasuk kategori aktif. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh siswa kelas XI IPA1, 2 dan IPS 1 MAM 02 Pondok Modern Paciran termasuk siswa yang aktif dalamberorganisasi. Hasil pembahasan pada bab sebelumnya dapat diketahui bahwa adakorelasi sedang dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Hal ini dapatdilihat dari hasil perhitungan korelasi product moment dan uji signifikansi denganuji t dengan taraf signifikan 5% memperoleh hasil perbandingan 0,452 > 0,236yang artinya rhitung > rtabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan hasil ujisignifikansi dengan uji t memperoleh hasil thitung = 4,145 dan ttabel = 1,996 yangartinya thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan dari perhitungankoefisian determinasi secara manual dapat diketahui bahwa nilai persentasekorelasi dari variabel X terhadap variabel Y adalah 20,43% dan 79,57%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Maka dapatdisimpulkan bahwa ada korelasi sedang dan signifikan pada keaktifan siswaberorganisasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al - Qur’an Hadits.
Copyrights © 2024