PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Vol. 4 No. 2 (2024): Mei 2024

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) di Sekolah Menengah Pertama

Eva Avia (Universitas Negeri Semarang)
Triyas Handayani (SMPN 14 Semarang)
Natal Kristiono (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS menggunakan metode Teams Game Tournament (TGT).  Model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) ini merupakan kolaborasi antara metode belajar kelompok dengan bermain game. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas menggunakan alur yang disebut dengan Siklus. Siklus pada PTK terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan 2 Siklus dimana setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan.  Hasil penelitian didapatkan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model Teams Game Tournament (TGT) pada Siklus 1 sebesar 93,3% dan pada Siklus II sebesar 100%. Hasil ketuntasan belajar peserta didik yang diperoleh pada Siklus 1 rata-rata sebesar 75,3 dan pada Siklus II sebesar 81,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk materi pemerataan pembangunan pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 14 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...