Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS menggunakan metode Teams Game Tournament (TGT). Model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) ini merupakan kolaborasi antara metode belajar kelompok dengan bermain game. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas menggunakan alur yang disebut dengan Siklus. Siklus pada PTK terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan 2 Siklus dimana setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian didapatkan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model Teams Game Tournament (TGT) pada Siklus 1 sebesar 93,3% dan pada Siklus II sebesar 100%. Hasil ketuntasan belajar peserta didik yang diperoleh pada Siklus 1 rata-rata sebesar 75,3 dan pada Siklus II sebesar 81,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk materi pemerataan pembangunan pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 14 Semarang.
Copyrights © 2024