Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 10 No 1 (2024): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengaruh Group Investigation terhadap Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar

Wahyu Nur Ahadiyah (Unknown)
Vanda Rezania (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Literasi informasi di tingkat sekolah dasar menekankan pada kemampuan untuk mencari, memproses, dan mengorganisir informasi. Namun, kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar cenderung masih kurang. Penyebabnya adalah terbatasnya penelitian yang membahas model group investigation pada materi literasi informasi siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model group investigation terhadap literasi informasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Jenis pre-experimental dengan Desain one group pretest posttest. Jumlah populasi sebanyak 66 siswa SD Muhammadiyah kemudian diambil sampel menggunakan teknik Random Sampling sebanyak 22 siswa kelas V sekolah dasar. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi informasi siswa terdiri dari 18 pernyataan dengan pilihan jawaban singkat. Penelitian menunjukkan rata-rata skor preteset 52,95, sedangkan rata-rata skor posttest 52,95. Analisis data menggunakan T-test menunjukkan hasil yang signifikan dengan probabilitas 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi informasi siswa meningkat setelah model group investigation diterapkan. Hasil tersebut menjadi salah satu aspek yang memungkinkan penelitian lanjutan pada aspek literasi lainnya. Kata Kunci: Literasi Informasi; Group Investigation

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...