Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024

Implementasi Penggunaan LKPD Berbasis Model Learning Cycle Terhadap Literasi Budaya

stya ningsih, nova ayu (Unknown)
tirtoni, feri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemahaman guru tentang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kelas di SDN Mindugading. Siswa harus dilatih dalam berpikir kritis karena kurikulum 2013 menuntut keterampilan berpikir kritis. Lembar Kerja Peseta Didik berbasis Kelas akan membantu siswa belajar berpikir kritis dengan mengajarkan mereka tidak hanya mengingat, memahami, dan mengaplikasikan informasi, tetapi mereka juga belajar untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan ide-ide mereka sendiri. Untuk mendukung pembelajaran yang melatih siswanya untuk memahami literasi budaya, guru harus memiliki kemampuan yang memadai untuk memahami Cycle of Learning. Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian kualitatif yang memiliki desain deskriptif. dengan metode dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memahami lembar kerja peserta didik berbasis Learning Cycle di SDN Mindugading dengan baik, melaksanakannya dengan baik, dan berada dalam kategori cukup baik. Selain itu, tingkat keberhasilan peserta didik dalam mengikuti LKPD berbasis Learning Cycle juga berada dalam kategori baik.

Copyrights © 2024