J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2024): J-PiMat

Perbedaan Hasil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran TSTS dan TPS

JL, Ana Risqa (Unknown)
Yunian Putra, Rizki Wahyu (Unknown)
Indriani, Wiwid Afma (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian membuktikan apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan (TSTS) dan (TPS). The post-test only control group desain kuasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Populasi kelas XI SMA SWADHIPA NATAR. Sampel 90 siswa diambil menggunakan system cluster random sampling sebayak 30 siswa XI IPA 1 menggunakan TSTS, 30 siswa XI IPA 2 TPS, 30 siswa XI IPA 3 menggunakan ekspasitori. Uji ANOVA digunakan untuk menganalisis data. Kesimpulan penelitian (1) adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran TSTS dan Ekspositori. Model pembelajaran TSTS menunjukkan hasil yang lebih baik daripada Ekspositori. (2) Tidak ada perbedaan pengaruh TPS dan Ekspositori. TPS memiliki efek setara dengan Ekspositori. (3) Dampak TSTS berbeda dengan TPS. TPS menunjukkan hasil lebih rendah dibandingkan TSTS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...