Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (3) Mengetahui aktivitas siswa saat diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Post-Test Only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Singkawang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dua sampel, Effect Size, dan persentase aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung. Perbedaan tersebut ditandai dengan nilai  >  yaitu 4,997 > 2,011. (2) Model Pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, diperoleh Effect Size sebesar 0,93 yang berkriteria tinggi. (3) Aktivitats siswa tergolong sangat aktif setelah diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom, diperoleh persentase 83,83% dengan kategori sangat aktif.
Copyrights © 2024