Penelitian bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi MathCityMap terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Yapis Merauke dengan mengambil sampel siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengungkapkan tujuan penelitian meliputi tes numerasi dan angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk uji normalitas data menggunakan uji one sample Shapiro-Wilk dan dilanjutkan dengan analisis uji t satu sampel untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa setelah penerapan pembelajaran berbantuan MathCityMap termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata – rata 75.60. Rata – rata gain ternormalisasi pada hasil belajar siswa adalah 0.756. Nilai n-gain tersebut berada lebih dari N-gain 0.70 sehingga terjadi peningkatan kemampuan numerasi siswa setelah diterapkan pembelajaran MathCityMap pada siswa kelas VIII SMP Yapis dan termasuk kategori tinggi. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran MathCityMap dikategorikan positif dengan persentase 92,5%
Copyrights © 2024