The aim of this research is: 1) To describe how children's science skills are developed through the color mixing experimental method in group A at RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul, Lumajang Regency, academic year 2022/2023. 2) To describe the obstacles in developing children's science skills in group A at RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Lumajang Regency for the 2022/2023 academic year. This research uses qualitative research using descriptive methods. Meanwhile, to analyze the data using the Milles and Huberman theory. The results of this research concluded that 1) The development of children's science abilities through the experimental method of mixing colors in group A at RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul, Lumajang Regency was carried out through several methods, namely the demonstration method, performance method, question and answer method, and the experimental method carried out through the activity of mixing primary and secondary colors. 2) Obstacles in developing children's science skills at RA Muslimat UN 02 are lack of self-confidence, excesses and deficiencies in mixing colors, difficulty concentrating, playing alone and having fun chatting alone. ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kemampuan sains anak melalui metode ekspeimen pencampuran warna pada kelompok A di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam pengembangan kemampuan sains anak pada kelompok A di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu 1) Pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen pencampuran warna pada kelompok A di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupeten Lumajang dilakukan melalui beberapa metode yaitu metode demonstrasi, metode unjuk kerja, metode tanya jawab, dan metode eksperimen yang dilakukan melalui kegiatan pencampuran wana-warna primer dan sekunder. 2) Kendala dalam pengembangan kemampuan sains anak di RA Muslimat NU 02 yaitu kurangnya rasa percaya diri, kelebihan dan kekurangan takaran dalam mencampurkan warna, sulit konsentrasi, bermain sendiri dan asik mengobrol sendiri.
Copyrights © 2024