At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 9 No 01 (2024): AT-TAHDZIB Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Dasar

PENILAIAN PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PESERTA DIDIK JENJANG DASAR

Muhammad Syaifullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pembelajaran IPS MI/SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research (studi kepustakaan), pengumpulan data dengan membaca, mencatat, mengeksplorasi, menganalisis informasi yang diperlukan dari berbagai informasi kepustakaan seperti buku, artikel, jurnal ilmiah, dokumen, data-data, serta sumber lain yang relevan dengan penelitian, termasuk juga penelitian terdahulu yang relevan kemudian digabungkan serta diolah sehingga menjadi padu kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian, menunjukkan bahwa pembelajaran IPS MI/SD terus mengalami perubahan sesuai dengan kurikulum berlaku, sehingga juga berdampak pada perubahan sistem penilaian. Penilaian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu, mengetahui keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta pertimbangan untuk pengambilan keputusan seperti apakah siswa tersebut lulus atau tidak atau apakah siswa naik kelas atau tidak. Penilaian yang dahulunya lebih cenderung pada aspek kognitif saja, namun sekarang penilaian mencakup tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Terdapat berbagai jenis dan teknik penilaian pembelajaran IPS MI/SD, sehingga dalam pelaksanaan penilaian harus memperhatikan prinsip-prinsip dan prosedur penilaian serta memperhatikan kualitas dari instrumen penilaian yang digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

At-Tahdzib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk dan diterbitkan secara berkala setiap 6 (enam) bulan sekali atau 2 kali dalam satu tahun, yaitu bulan Maret dan Bulan Agustus. Fokus dari Jurnal ini ...