Pengaruh media sosial dalam memperoleh wawasan tentang kebutuhan pengguna, terutama dalam konteks pengabdian masyarakat yang mengoptimalkan media sosial sebagai alat promosi pariwisata. Fokusnya adalah bagaimana masyarakat lokal dapat dioptimalkan untuk menggunakan teknologi digital sebagai alat untuk mempromosikan homestay dan produk lokal. Tujuan kegiatan ini mencakup peningkatan visibilitas Desa Wisata Cikolelet, mendorong partisipasi masyarakat lokal, meningkatkan pendapatan ekonomi lokal, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital, dan pengembangan model pemasaran berkelanjutan. Pengabdian melibatkan 14 perguruan tinggi sekitar Jakarta dengan khalayak sasaran Pokdarwis dan Pengelola homestay di Cikolelet. Dengan fokus pada pemaksimalan potensi Desa Wisata Cikolelet, kegiatan ini mengusulkan strategi pemasaran inovatif, melibatkan pengelolaan homestay digital, platform online, dan media sosial. Melalui berbagai aktivitas akademik dan non-akademik, termasuk publikasi di media kampus dan pribadi, upaya ini bertujuan untuk memperkenalkan Desa Wisata Cikolelet kepada masyarakat luas. Abdimas ini diberikan konteks oleh kesulitan Desa Wisata Cikolelet sebagai Pemenang Desa Wisata Rintisan Terbaik ADWI 2023 dalam memasarkan fasilitasnya. Dengan fokus pada strategi pemasaran berkelanjutan, kegiatan ini mencoba mengatasi tantangan ini dengan menggabungkan aspek pelestarian budaya dan lingkungan. Keberhasilan abdimas ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat lokal dan pertumbuhan ekonomi, serta menciptakan model promosi homestay yang kreatif dan berkelanjutan. Kata Kunci: Desa Wisata, Homestay, Pokdarwis
Copyrights © 2024