Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 2 No. 3 (2024): Juni

PELATIHAN PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU PAUD

Ita, Efrida (Unknown)
Fono, Yasinta Maria (Unknown)
Sadha, Elisabeth (Unknown)
Ngonu, Melania Restintuta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan berangkat dari kurangnya pemahaman guru PAUD terkait penyusunan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru yang akan diimplementasikan pada tahun 2024 menjadi hal yang urgen untuk dipahami secara menyeluruh oleh guru khususnya terkait penyusunan perencanaan pembelajaran. Namun, fakta yang terjadi di sekolah-sekolah ditemui bahwa masih banyak guru yang kurang memahami penyusunan perangkat ajar kurikulum merdeka. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melakukan pelatihan penyusunan perencanaan pembelajaran bagi guru PAUD berbasis kurikulum merdeka. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui ceramah, diskusi secara tatap muka dan pelatihan yang dilaksanakan di aula STKIP Citra Bakti. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah guru PAUD dan mahasiswa PG-PAUD sebagai peserta kegiatan dapat memahami proses penyusunan perencanaan pembelajaran secara menyeluruh dilihat dari draf dokumen kurikulum merdeka yang dihasilkan terdiri dari program semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), modul ajar, penilaian, analisis capaian pembelajaran, Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...