Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Pada Anak Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek

Nurrachmah Ranggong, Rasdini (Unknown)
Sufliati Romba, Sri (Unknown)
Hamzah, Hardalia (Unknown)
Madani Herman, Nurul (Unknown)
Madjid, Nadyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kerja sama pada anak menggunakan metode dalam pelajaran berbasis proyek di kelas B TK ABA TURIKALE. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak didik Kelas B TK ABA TURIKALE yang berjumlah 23 anak didik. Penelitian ini meliputi 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar ceklist. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam penelitian ini terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus 2. Hal ini dapat terlihat dari nilai hasil perkembangan aspek pada anak didik, yaitu pada siklus I rata-rata perkembangan anak didik mulai berkembangan pada siklus II perkembangan anak didik berkembang sesuai harapan. Penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek telah berhasil meningkatkan kemampuan perkembangan anak didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...