Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 10 No. 4 (2023)

PROSES BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI JEAN PIAGET DALAM MEMAHAMI KONSEP PERMUTASI DAN KOMBINASI

Sheryl Aurel Violeta (Universitas Kristen Satya Wacana)
Fika Widya Pratama (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2023

Abstract

Tidak semua siswa memiliki jalan atau proses berpikir yang sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Sehingga guru diwajibkan untuk dapat mengerti bahwa setiap anak memiliki proses berpikir yang berbeda. Dengan penelitian ini, peneliti berupaya untuk mendeskripsikan proses asimilasi dan akomodasi yang terjadi pada siswa lewat materi permutasi dan kombinasi berdasarkan dari tahap Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Wawancara dilakukan melalui aplikasi video call dikarenakan keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertemu tatap muka. Sebelum wawancara dilakukan, subjek diberikan tes tertulis yang kemudian hasilnya dikirim melalui aplikasi line. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah setiap siswa melakukan proses berpikir yang berbeda-beda, bahkan bisa berbeda pada setiap tahapan Polya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...