Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana sarana pembelajaran dikelola, mencakup seluruh proses mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, hingga tahap penghapusan. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif interpretatif. Metode pengumpulan data melibatkan tiga aspek utama, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara validitas data diuji melalui reliabilitas, transferabilitas, dan verifiabilitas. Proses analisis data dalam penelitian ini melibatkan penerapan teknik analisis interaktif, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, pengelola perpustakaan agama, staf bidang sarana dan prasarana, serta guru mata pelajaran PAI. Sumber data yang digunakan mencakup data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasaran pembelajaran di SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta sudah dilakukan berdasar pada standar proses. Pengelolaan tersebut meliputi: (a) perencanaan sarana pembelajaran sudah dilakukan dengan baik, (b) pengadaan buku pembelajaran, (c) pemeliharaan pembelajaran, pihak sekolah sudah melakukan pemeliharaan sarana dengan baik dengan cara menyimpan dengan rapi apabila telah digunakan untuk menjaga agar sarana pembelajaran tidak mudah rusak. dan (d) penghapusan sarana pembelajaran, dilakukan dengan pencatatan buku pembelajaran yang tidak layak digunakan.
Copyrights © 2023