Penelitian ini menginvestigasi metode pembelajaran efektif untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis siswa disleksia di tingkat sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SDN 02 Kota Bima. Metode pengajaran yang digunakan oleh guru melibatkan pengenalan huruf, pengembangan kemampuan membaca, dan penggunaan media pembelajaran seperti kartu huruf dan kartu kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap alfabet dan kemampuan membaca mereka secara signifikan. Kolaborasi yang efektif antara guru dan orang tua juga ditemukan sebagai faktor penting dalam memfasilitasi pembelajaran siswa disleksia di sekolah dan di rumah. Temuan ini memiliki implikasi luas dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif bagi siswa disleksia dan memberikan panduan bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung perkembangan siswa disleksia untuk mencapai potensi belajar mereka yang sebenarnya.
Copyrights © 2024