Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2024): Edisi Februari 2024

INTERVENSI GURU SEKOLAH DASAR PADA SISWA DISLEKSIA DI KELAS I SDN 02 KOTA BIMA

Fitriani, Indah (Unknown)
Witono, A. Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi metode pembelajaran efektif untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis siswa disleksia di tingkat sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SDN 02 Kota Bima. Metode pengajaran yang digunakan oleh guru melibatkan pengenalan huruf, pengembangan kemampuan membaca, dan penggunaan media pembelajaran seperti kartu huruf dan kartu kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap alfabet dan kemampuan membaca mereka secara signifikan. Kolaborasi yang efektif antara guru dan orang tua juga ditemukan sebagai faktor penting dalam memfasilitasi pembelajaran siswa disleksia di sekolah dan di rumah. Temuan ini memiliki implikasi luas dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif bagi siswa disleksia dan memberikan panduan bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung perkembangan siswa disleksia untuk mencapai potensi belajar mereka yang sebenarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...