Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2024): Edisi Februari 2024

KESULITAN BELAJAR MEMBACA ANAK DISLEKSIA KELAS 4 DI SDN 31 CAKRANEGARA

Nurmajiana (PGSD, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia)
A. Hari Witono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Gejala Disleksia Anak disleksia memiliki perbedaan gejala satu sama lain. Satu-satunya sifat yang sama pada mereka adalah kemampuan membacanya yang sangat rendah dilihat dari usia dan inteligensi yang dimilikinya. Setiap anak memiliki kecenderungan disleksia, dan ada pula anak yang tidak disleksia tetapi mempunyai pengalaman kesulitan membaca. Anak disleksia yang kidal dapat menggunakan kedua belah tangan, misalnya saat menulis, namun mereka sering kali membaca dari kanan ke kiri. Disleksia merupakan kelainan dengan dasar kelainan neurobiologis, dan ditandai dengan kesulitan dalam mengenali kata dengan tepat/akurat, dalam pengejaan dan dalam pengkodean simbol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui anak yang kesulitan membaca di SDN 31 CAKRANEGARA. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Ada beberapa aktor penyebab anak mengalami kesulitan membaca diantaranya, faktor biologis, kognitif dan perilaku lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...