Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banda Neira dalam menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri ditinjau dari gaya belajar siswa, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 1 Banda Neira. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan IGB (Instrumen Gaya Belajar), kemudian dilanjutkan dengan pemberian TPM (Tes Pemecahan masalah) dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan indikator analisis pemecahan masalah diperoleh hasil penelitian dengan (1) Subjek Visual, yaitu memahami masalah dengan membaca soal satu kali dalam hati, menyusun rencana dengan menjelaskan metode yang digunakan, menyebutkan rumus yang digunakan dengan benar, mengungkapkan dengan lancar dan detail dan berpikir dengan mata tertutup seperti mengingat sesuatu dengan penggambaran visual, melaksanakan rencana sesuai dengan tahap awal, memeriksa kembali jawaban yang diperoleh; (2) Subjek Auditorial, yaitu memahami masalah dengan membaca soal dua kali dengan bersuara keras, menyusun rencana dengan menjelaskan metode yang digunakan, menyebutkan rumus yang digunakan dengan benar, dan mengungkapkan dengan lancar dan detail kadang berpikir seperti mengingat informasi yang diketahui dengan menundukkan wajahnya kebawah, melaksanakan rencana sesuai dengan tahap awal, memeriksa kembali jawaban yang diperoleh; (3) Subjek Kinestetik, yaitu memahami masalah dengan membaca soal sebanyak dua/tiga kali dengan membaca didalam hati dan menggunakan jarinya sebagai penunjuk sambil mengangkat lembar soal, menyusun rencana dengan menjelaskan metode yang digunakan, menyebutkan rumus yang digunakan dengan benar, serta mengungkapkan dengan perlahan sambil menunjuk gambar dan simbol yang digunakan dengan jarinya serta berpikir dengan mengetuk-ngetuk meja dengan jarinya, melaksanakan rencana sesuai dengan tahap awal pada menyusun rencana, memeriksa kembali jawaban yang diperoleh.
Copyrights © 2024