Jurnal BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian)
Vol 12 No 1 (2024): April

Strategi Peningkatan Mutu Produk Dodol Salak Bali di UD Nantafood Denpasar

Mubarok, Rizky (Unknown)
Widia, I Wayan (Unknown)
Gunadnya, Ida Bagus Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

CV Nantafood merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan dengan bahan baku buah salak salah satunya yaitu produk dodol salak Bali. Produk dodol yang dihasilkan telah mampu masuk ke beberapa pusat pembelanjaan oleh - oleh di Bali. Semakin banyaknya pesaing dodol tentu menjadi tantangan bagi suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produknya. Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan melalui kualitas produk yang baik sesuai harapan dan keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui atribut yang dianggap penting oleh konsumen dari produk dodol salak bali, (2) Mengukur tingkat kepentingan konsumen terhadap kualitas produk dodol salak bali, (3) Mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dodol salak bali, (4) Menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas produk dodol salak bali. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 10 atribut kualitas produk yang dianggap penting oleh konsumen dengan kriteria sangat penting. Nilai kepentingan konsumen tertinggi cita rasa dodol yang manis dan legit sebesar 4,45, pada nilai kepuasan konsumen atribut tekstur dodol yang lengket dan kenyal mendapatkan nilai terendah sebesar 3,79 dengan IR sebesar 1,31. Maka UD Nantafood perlu memberikan dan meningkatkan kualitas produk atribut tekstur dodol yang lengket dan kenyal. Abstract CV Nantafood is a company engaged in the field of food processing with raw materials for zalacca fruit, one of which is the Bali snake fruit dodol product. The dodol products produced have been able to enter several shopping centers for souvenirs in Bali. The increasing number of dodol competitors is certainly a challenge for a company to improve the quality of its products. Consumer satisfaction can be increased through good product quality according to consumer expectations and desires. The aims of this study were (1) to find out the attributes considered important by consumers from the Bali snake fruit dodol product, (2) to measure the level of consumer interest in the quality of the Bali snake fruit dodol product, (3) to measure the level of consumer satisfaction with the quality of the bali snake fruit dodol product, (4) ) Determine strategies to improve the quality of Balinese snake fruit dodol products. This research was conducted using the Quality Function Deployment (QFD) method. The results of this study indicate that there are 10 product quality attributes that are considered important by consumers with very important criteria. The highest value of consumer interest is taste of dodol is sweet and legit of 4.45, on consumer satisfaction value attributes of sticky and chewy dodol texture get the lowest score of 3.79 with an IR of 1.31. So UD Nantafood needs to provide and improve product quality with sticky and chewy dodol texture attributes.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

beta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian) memuat hasil penelitian di bidang teknik biosistem (biosystem engineering). Cakupan dari jurnal ini merentang dari aplikasi ilmu keteknikan untuk pertanian. Diantara bidang ilmu tersebut, yang menjadi fokus adalah Bidang Manajemen Keteknikan Pertanian, ...