JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 30, No 1 (2024)

ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU INTERAKTIF DALAM MUATAN PEMBELAJARAN SBdP

Almira Chandra Lalita (Universitas Negeri Jakarta)
Herlina Usman (Universitas Negeri Jakarta)
Prayuningtyas Angger Wardhani (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Seni rupa memiliki peran penting dalam pendidikan sekolah dasar, seni rupa di kenal dengan mata pelajaran SBdP (seni budaya dan prakarya) di sekolah dasar. Fokus utama dalam artikel ini adalah analisis kebutuhan media pembelajaran buku interaktif dalam materi pencampuran warna kelas 3 sekolah dasar. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk Mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa kelas 3 Sekolah Dasar terhadap konsep pencampuran warna dalam mata pelajaran SBdP serta Menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran buku interaktif untuk mempelajari konsep pencampuran warna. Analisis kebutuhan ini di lakukan di SDN Petukangan Selatan 05 dengan jumlah siswa kelas 3 SD sebanyak 25 siswa. Metode penelitian yang di gunakan ialah Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan dalam artikel ini adalah angket dan wawancara. Hasil temuan yang di dapat dari angket dan wawancara adalah, siswa kelas 3 masih kurang memahami konsep pencampuran warna, dan dari hasil wawancara yang di lakukan kepada guru kelas menyatakan bahwa materi pencampuran warna di kelas 3 SD tidak di jelaskan begitu mendalam, melainkan hanya sekilas saja, dalam sekali pertemuan, kesimpulannya ialah media pembelajaran buku interaktif ini di perlukan oleh siswa kelas 3 sekolah dasar, untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep warna dan pencampuran warna serta dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mewarnai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...