Tingkat kedisiplinan di kalangan siswa secara signifikan mempengaruhi keberhasilan akademis, tetapi masih ada masalah dengan perilaku tidak tertib dan kurangnya pendidikan karakter disiplin yang menyebabkan krisis moral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu. Penelitian ini mengambil lokasi di SDN Tamansari 02, SDN Purwosari 02, SDN Regaloh 02, SDN Sambirejo 02, SDN Wonorejo 02, SDN Tlogowungu 01, dan SDIT Al-Ikhlas dengan sampel sebanyak 145. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survey. Peneliti menggunakan uji regresi linear sederhana dengan koefisien regresi (b) sebesar 0,099, dan uji-t untuk melihat pengaruh antara kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 yang mana kultur sekolah berpengaruh terhadap karakter disiplin. Berdasarkan penelitian mengenai peran kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu, dapat ditarik kesimpulan terdapat peran antara kultur sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Tlogowungu.
Copyrights © 2024