DIDAKTIK
Vol 8, No 1 (2014): Jurnal Didaktik Vol 8 No 1 Edisi Maret 2014

STRATEGI FORMULATE SHARE LISTEN CREATE UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSING SISWA SMP

M Afrilianto (Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kemampuan mathematical problem posing siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kota Bandung, sedangkan sampelnya adalah SMP Negeri 41 Bandung dan dipilih dua kelas secara acak dari seluruh kelas VIII yang ada. Kemudian dari kedua kelas tersebut ditetapkan secara acak yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan mathematical problem posing,  lembar observasi selama pembelajaran, dan angket skala sikap siswa. Pengolahan data untuk uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t’ dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mathematical problem posing siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa. Kemudian sikap siswa menunjukkan sikap positif terhadap matematika, kegiatan pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create, dan terhadap soal tes kemampuan mathematical problem posing siswa.

Copyrights © 2014