Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran ikan nike dan efesiensi pemasaran ikan nike di Desa Pelehu Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Pengambilan sampel menggunkan metode sensus, dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah semua nelayan yang melakukan penangkapan ikan nike yaitu berjumlah 63 nelayan, 3 pedagang penggumpul dan 13 pedagang pengecer. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa penentuan harga oleh nelayan ikan nike di Desa Pelehu Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo di sesuaikan dengan ukuran dan kualitas dari hasil tangkapan tersebut. Sistem pemasaran ikan nike di Desa Pelehu memiliki dua sistem pemasaran yaitu sistem pemasaran pertama (nelayan, pedagang pengumpul, dan pedagang pengecer), sistem pemasaran kedua (nelayan, dan pedagang pengecer). Hasil efisiensi pemasaran menujukkan bahwa hanya ditingkat pedagang pengecer yang efisien sedangkan ditingkat pedagang pengumpul tidak efisien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023