Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 26 No. 2 (2023)

Thrift shopping intention: Understanding determinant of second-hand apparel shopping behavior

Vicamara, Ulfa (Unknown)
Santoso, Adi (Unknown)
Riawan, Riawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terkait niat berbelanja pada produk pakaian bekas (thrift). Populasi penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang memiliki keinginan untuk melakukan pembelian produk pakaian bekas. Total populasi dalam penelitian ini adalah konsumen barang bekas sebanyak 200 orang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google form dan menggunakan skala Likert. Metode analisis menggunakan SEM dengan perangkat lunak AMOS (Analysis of Moment Structure). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap niat berbelanja, sedangkan motivasi hedonis dan persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat berbelanja. Perkembangan dunia industri khususnya di bidang produk pakaian bekas (thrift) untuk meningkatkan minat belanja masyarakat dapat didasarkan pada faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan seperti dukungan sosial. Keterbatasan penelitian ini adalah dalam penelitian ini data yang dihasilkan hanya dari instrumen angket yang berdasarkan persepsi jawaban responden sehingga ditarik kesimpulan hanya berdasarkan data yang dikumpulkan melalui penggunaan instrumen angket tertulis tanpa dilengkapi dengan wawancara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a fully refereed (double blind peer review), open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers, and undergraduate students, published by Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia. Jurnal ...