Keterampilan berpikir kritis menjadi suatu tuntutan yang perlu dimuiliki pada pembelajaran abad 21. Dengan demikian, melatih siswa dalam mengembangkan berpikir kritis sangat diperlukan saat proses pembelajaran sehingga siswa mampu menghadapi dan menjawab tantangan zaman masa depan. Pemanfaatan bahan ajar interaktif yang dapat diterapkan dengan mudah menjadi sebuah cara untuk memecahkan permasalahan diatas. Pengembangan modul berbasis teknologi terkini yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa menjadi sangat penting. Tujuan daari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas e-modul pembelajaran berbasis STEM materi usaha dan energi guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa SMA. Penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan 4D. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling area sehingga diperoleh 3 sekolah yaitu SMAN 3 Jember untuk uji coba kelompok kecil dan besar, sedangkan untuk uji coba sekolah penyebaran yaitu SMAN Mumbulsari dan SMAN Jenggawah. Subjek uji coba adalah siswa kelas X SMA. Hasil dalam penelitian ini adalah e-modul pembelajaran berbasis STEM dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berdasarkan nilai N-gain pada uji coba kelompok kecil 0,68 dalam kategori sedang, uji coba kelompok besar 0,72 dalam kategori tinggi, dan uji coba sekolah penyebaran 0,65 dalam kategori sedang. Keseluruhan rerata nilai N-gain dikategorikan sedang.
Copyrights © 2024