Jurnal Pendidikan Edutama
Vol 11, No 1 (2024): January 2024

EFEKTIVITAS E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA

Erwin Baruna Sandi Yudha (Unknown)
Jekti Prihatin (Universitas Jember)
Pramudya Dwi Aristya Putra (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi suatu tuntutan yang perlu dimuiliki pada pembelajaran abad 21. Dengan demikian, melatih siswa dalam mengembangkan berpikir kritis sangat diperlukan saat proses pembelajaran sehingga siswa mampu  menghadapi dan menjawab tantangan zaman masa depan. Pemanfaatan bahan ajar interaktif yang dapat diterapkan dengan mudah menjadi sebuah cara untuk memecahkan permasalahan diatas. Pengembangan modul berbasis teknologi terkini yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa menjadi sangat penting. Tujuan daari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas e-modul pembelajaran berbasis STEM materi usaha dan energi guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa SMA. Penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan 4D. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling area sehingga diperoleh 3 sekolah yaitu SMAN 3 Jember untuk uji coba kelompok kecil dan besar, sedangkan untuk uji coba sekolah penyebaran yaitu SMAN Mumbulsari dan SMAN Jenggawah. Subjek uji coba adalah siswa kelas X SMA. Hasil dalam penelitian ini adalah e-modul pembelajaran berbasis STEM dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berdasarkan nilai N-gain pada uji coba kelompok kecil 0,68 dalam kategori sedang, uji coba kelompok besar 0,72 dalam kategori tinggi, dan uji coba sekolah penyebaran 0,65 dalam kategori sedang. Keseluruhan rerata nilai N-gain dikategorikan sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pendidikan Edutama

Publisher

Subject

Education

Description

Edutama Journal of Education (Jurnal Pendidikan Edutama) is double -blind peer reviewed open access journal that provides publication of articles in all education field. it aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research finding in provide a platform scientists and ...