Keterbatasan pengetahuan mahasiswa terhadap aplikasi yang dapat digunakan dalam menulis karya ilmiah menyebabkan rendahnya kualitas tulisan yang di hasilkan terutama pada luaran skripsi atau artikel penelitian yang memberikan dampak pada keterampilan ICT Literasi mahasiswa dalam menggunakan aplikasi yang dapat membantu dalam karya tulis ilmiah. Tujuan Pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan mahasiswa pada aspek Literasi ICT dalam penggunaan aplikasi pendukung untuk tulisan karya ilmiah dengan menggunakan model project-based learning. Pengabdian ini melibatkan 59 Mahasiswa Keolahragaan Universitas Jambi pada mata kuliah metodologi penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group post-test only design. Hasil Pengabdian menunjukan bahwa mahasiswa secara aktif dapat menggunakan aplikasi pendukung dalam project menulis karya ilmiah dengan menggunakan aplikasi Mendeley. Hasil Pengabdian menunjukan ketercapaian literasi ICT mahasiswa di semua aspek indikator masih rendah. Meskipun demikian impelmentasi PjBL telah menyediakan ruang praktis bagi mahasiswa untuk menggunakan aplikasi Mendeley, Pengabdian ini hanya sebatas penggunaan aplikasi sitasi belum mencoba mengarahkan mahasiswa dalam mensistesis artikel dengan baik. Pengabdian berikutnya disarankan untuk menerapkan Teknik sitasi untuk melatih kemampuan pharapraprase mahasiswa sehingga tidak terjadi plagiasi terhadap kutipan yang digunakan mahasiswa.
Copyrights © 2024