Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana persepsi mahasiswa S1-Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Persepsi mahasiswa terhadap kegiatan  pendidikan  pemakai  dalam  pemanfaatan  sumber  daya  perpustakaan  di  Perpustakaan  IAIN Batusangkar.  Jenis  penelitian  menggunakan  pendekatan  deskriptif  dengan  analisis  naratif,dengan populasi  pada  penelitian  ini  adalahseluruh  mahasiswa  ilmu  perpustakaan  dan  informasi  islam. Adapun  yang  menjadi  sampel  penulis  fokuskan  pada  mahasiswa  angkatan  2017 yang  berjumlah  35 orang,  hal  ini  dipilih  karena  mahasiswa  angkatan  tersebut  telah  mengikuti  program  pendidikan pemakai  secara  langsung  di  ruang  perpustakaan.Pengukuran  variabel  dalam  penelitian  ini menggunakan  skala  likert  disebar  melalui  platform  google  form  secara  online.  Dalam  melakukan pengolahan  data  penulis  menggunakan  aplikasi  analisis  statistic  SPSS  (Statistical  Product  and Solution)  versi  20.0.  Hasil  penelitian  memperlihatkan  bahwasebagian  besar  mahasiswa  menyatakan pendapatnya setuju dengan adanya plaksanaan kegiatan pendidikan pemakai dapat meningkatkan dan menambah  keterampilan  mahasiswa  dalam  temu  kembali  informasi  secara  cepat  dan  tepat  serta mempermudah  dalam  menemukan  informasi  secara  relevan.  Sebagian  besar  mahasiswa  juga mengemukakan  bahwa  mereka  antusias  untuk  mengikuti  kegiatan  dengan  menggunakan  metode langsung, dimana pustakawan menjelaskan bagaimana penggunaan sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021