Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Climber dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi SMP

Melliana Kurniawati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Wharyanti Ika Purwaningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Dita Yuzianah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, siswa akan mengolah semua informasi melalui proses berpikir. Kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu tolak ukur tercapainya tujuan pembelajaran. Bentuk dari berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah berpikir reflektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa climber dalam menyelesaikan soal literasi numerasi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 6 Purworejo dengan tipe AQ climber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa climber telah mampu berpikir reflektif. Hal tersebut ditunjukkan oleh indikator kemampuan berpikir reflektif yaitu fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...