Kemampuan pemahaman konsep matematis penting untuk dimiliki oleh siswa, dengan memahami konsep siswa bisa menerima materi atau pelajaran berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada soal cerita aljabar. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Telukjambe Timur, yang dilakukan pada hari kamis, 6 Desember 2023. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Data yang diambil mengginakan instrumen tes dengan materi aljabar. Berdasarkan analisis data diperoleh terdapat 7 siswa dengan kategori sangat rendah, 1 siswa dengan kategori rendah, dan 2 siswa dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata dari keseluruhan nilai siswa adalah 41,5 yang menunjukan bahwa siswa kelas VII-E SMPN 2 Telukjambe Timur memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kategori rendah.
Copyrights © 2024