Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 6 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar

Fatimah Nur Hidayah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dadang Rahman Munandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis penting untuk dimiliki oleh siswa, dengan memahami konsep siswa bisa menerima materi atau pelajaran berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada soal cerita aljabar. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Telukjambe Timur, yang dilakukan pada hari kamis, 6 Desember 2023. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Data yang diambil mengginakan instrumen tes dengan materi aljabar. Berdasarkan analisis data diperoleh terdapat 7 siswa dengan kategori sangat rendah, 1 siswa dengan kategori rendah, dan 2 siswa dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata dari keseluruhan nilai siswa adalah 41,5 yang menunjukan bahwa siswa kelas VII-E SMPN 2 Telukjambe Timur memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kategori rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...