Pendidikan di indonesia terus mengalami perkembangan secara cepat di era digital. Di era VUCA akronim dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (komplek), dan Ambiguity (tidak jelas). Kebijakan Kepmendikbudristek mengedepankan keselamatan anak, tantangan yang sedang dihadapi guru, siswa dan orang tua yang semakin komplek maka mendorong guru untuk kreatif, inovatif dan menginspirasi bagi teman sejawat, siswa dan orang tua. Guru membimbing siswa dalam satu kelas belajar bersama, siswa diajak memahami materi, diskusi, praktikum bersama, menyimpulkan hasil belajar dan diakhir pembelajaran ada aktivitas kuis untuk mengetahui seberapa paham siswa tentang materi yang sedang dipelajari. (Habib, M. F, 2020). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan Google Sites dalam pembelajaran online pada siswa kelas VI SD. Penelitian yang dilakukan sebelumnya pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran yang mudah dimanfaatkan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa. Isi konten materi bagi siswa dalam pembelajaran online mudah diakses, dipahami dan disajikan menarik. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sample pada penelitian ini adalah 1 guru kelas VI SDN Negeri Pitu 1 Kec. Pitu Kab. Ngawi. Hasil analisis data media pembelajaran online (1) Google Sites sangat praktis digunakan, (2) Manfaat yang paling besar dari penggunaan Google Sites yaitu guru dapat merangkum aktivitas kelas di dalam aplikasi Google Sites dan siswa tidak lagi menggunakan banyak buku untuk belajar, cukup menerima materi yang sudah di buat oleh guru dengan tampilan yang menarik, (3) Guru lebih nyaman memanfaatkan Google Sites yang menyajikan materi dalam bentuk teks berwarna, gambar, video, dan audio. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Sites, Teknologi
Copyrights © 2024