Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses berpikir matematis siswa dalam pemahaman materi luas dan keliling bangun datar berdasarkan teori Mason. Sehingga kita dapat memahami bagaimana proses berpikir matematis siswa dalam memahami materi luas dan keliling bangun datar tersebut berdasarkan teori proses berpikir Mason. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Kawtsar Panti Jember, Jawa Timur, Indonesia. Tahapan-tahapan pada penelitian ini adalah pemberian soal pada 40 siswa kelas V, memilih jawaban siswa yang memenuhi tahapan proses berpikir matematis Mason, wawancara. Dari hasil yang didapatkan mengenai proses berpikir matematis siswa dalam pemahaman materi luas dan keliling bangun datar berdasarkan teori Mason dapat disimpulkan bahwa subjek sudah memenuhi indikator-indikator berpikir matematis teori Mason yaitu Spesializing (mengkhususkan), Generalizing (menggeneralisasi), Conjecturing (menduga) dan Convicing/Justifying (meyakinkan).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024