SIGMA
Vol 9, No 2 (2024): SIGMA

Implementasi E-Modul Kodular berbasis Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Peluang

Choerunnisa, Choerunnisa (Unknown)
Aminah, Neneng (Unknown)
Asnawati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

E-Modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan dan dipelajari melalui smartphone siswa masing-masing. Kodular adalah software ataupun website yang dapat membantu dalam pembuatan e-modul agar lebih bervariatif karena sudah dilengkapi dengan block coding. Kemampuan representasi matematis siswa penting dimiliki siswa agar siswa dapat merepresentasikan materi maupun soal yang diberikan saat pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti membuat e-modul kodular berbasis kemampuan representasi matematis ssiwa pada materi peluang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validasi dan praktikalitas e-modul serta mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode R&D dan model ADDIE. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII pada salah satu SMP swasta yang ada di Kota Cirebon berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar praktikalitas dan soal tes kemampuan representasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan e-modul yang dibuat valid dan praktis digunakan siswa, serta untuk kemampuan representasinya digolongkan menjadi tiga kemampuan. Tiga kemampuan ini yaitu siswa berkemampuan tinggi yang memenuhi ketiga indikator, siswa berkemampuan sedang hanya memenuhi dua indikator dan siswa yang berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-modul kodular ini valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...